Maulid Nabi Muhammad SAW kadang-kadang Maulid Nabi atau Maulud saja (Bahasa Arab: مولد النبي, mawlid an-nabī),
adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW, yang di Indonesia perayaannya
jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. Kata maulid atau milad
dalam bahasa Arab berarti hari lahir. Perayaan Maulid Nabi merupakan
tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad wafat.
Secara subtansi, peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan
kepada Nabi Muhammad.
Sejarah
Peringatan
Maulid Nabi pertama kali dilakukan oleh raja Irbil (wilayah Iraq sekarang),
bernama Muzhaffaruddin al-Kaukabri, pada awal abad ke 7 hijriyah. Ibn Katsir
dalam kitab Tarikh berkata: “Sultan Muzhaffar mengadakan peringatan maulid Nabi
pada bulan Rabi’ul Awwal. Beliau merayakannya secara besar-besaran. Beliau
adalah seorang yang berani, pahlawan,` alim dan seorang yang adil -semoga Allah
merahmatinya-”. Dijelaskan oleh Sibth (cucu) Ibn al-Jauzi bahawa dalam
peringatan tersebut Sultan al-Muzhaffar mengundang seluruh rakyatnya dan
seluruh para ulama’ dari berbagai disiplin ilmu, baik ulama’ dalam bidang ilmu
fiqh, ulama’ hadits, ulama’ dalam bidang ilmu kalam, ulama’ usul, para ahli
tasawwuf dan lainnya. Sejak tiga hari, sebelum hari pelaksanaan mawlid Nabi
beliau telah melakukan berbagai persiapan. Ribuan kambing dan unta disembelih
untuk hidangan para hadirin yang akan hadir dalam perayaan Maulid Nabi
tersebut. Segenap para ulama’ saat itu membenarkan dan menyetujui apa yang
dilakukan oleh Sultan al-Muzhaffar tersebut. Mereka semua berpandang dan
menganggap baik perayaan maulid Nabi yang dibuat untuk pertama kalinya itu.
Ibn
Khallikan dalam kitab Wafayat al-A`yan menceritakan bahwa al-Imam al-Hafizh Ibn
Dihyah datang dari Moroco menuju Syam dan seterusnya ke Iraq, ketika melintasi
daerah Irbil pada tahun 604 Hijrah, beliau mendapati Sultan al-Muzhaffar, raja
Irbil tersebut sangat besar perhatiannya terhadap perayaan Maulid Nabi. Oleh
kerana itu, al-Hafzih Ibn Dihyah kemudian menulis sebuah buku tentang Maulid
Nabi yang diberi judul “al-Tanwir Fi Maulid al-Basyir an-Nadzir”. Karya ini
kemudian beliau hadiahkan kepada Sultan al-Muzhaffar.
Para
ulama’, semenjak zaman Sultan al-Muzhaffar dan zaman selepasnya hingga sampai
sekarang ini menganggap bahawa perayaan maulid Nabi adalah sesuatu yang baik.
Para ulama terkemuka dan Huffazh al-Hadits telah menyatakan demikian. Di antara
mereka seperti al-Hafizh Ibn Dihyah (abad 7 H), al-Hafizh al-’Iraqi (W. 806 H),
Al-Hafizh Ibn Hajar al-`Asqalani (W. 852 H), al-Hafizh as-Suyuthi (W. 911 H),
al-Hafizh aL-Sakhawi (W. 902 H), SyeIkh Ibn Hajar al-Haitami (W. 974 H),
al-Imam al-Nawawi (W. 676 H), al-Imam al-`Izz ibn `Abd al-Salam (W. 660 H),
mantan mufti Mesir iaitu Syeikh Muhammad Bakhit al-Muthi’i (W. 1354 H), Mantan
Mufti Beirut Lubnan iaitu Syeikh Mushthafa Naja (W. 1351 H) dan terdapat banyak
lagi para ulama’ besar yang lainnya. Bahkan al-Imam al-Suyuthi menulis karya
khusus tentang maulid yang berjudul “Husn al-Maqsid Fi ‘Amal al-Maulid”. Karena
itu perayaan maulid Nabi, yang biasa dirayakan di bulan Rabi’ul Awwal menjadi
tradisi ummat Islam di seluruh dunia, dari masa ke masa dan dalam setiap
generasi ke generasi.
Para
ahli sejarah, seperti Ibn Khallikan, Sibth Ibn al-Jauzi, Ibn Kathir, al-Hafizh
al-Sakhawi, al-Hafizh al-Suyuthi dan lainnya telah bersepakat menyatakan bahawa
orang yang pertama kali mengadakan peringatan maulid adalah Sultan
al-Muzhaffar, bukan sultan Shalahuddin al-Ayyubi. Orang yang mengatakan bahawa
sultan Salahuddin al-Ayyubi yang pertama kali mengadakan Maulid Nabi telah
membuat “fitnah yang jahat” terhadap sejarah. Perkataan mereka bahawa sultan
Salahuddin membuat maulid untuk tujuan membangkitkan semangat umat untuk
berjihad dalam perang salib, maka jika diadakan bukan untuk tujuan seperti ini
bererti telah menyimpang, adalah perkataan yang sesat lagi menyesatkan.
Perayaan di Indonesia
Masyarakat muslim di
Indonesia umumnya menyambut Maulid Nabi dengan mengadakan perayaan-perayaan
keagamaan seperti pembacaan shalawat nabi, pembacaan syair Barzanji
dan pengajian. Menurut penanggalan Jawa bulan Rabiul Awal
disebut bulan Mulud, dan acara Muludan juga dirayakan dengan Iringan Rebana (Hadrah)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar